Jumat, 17 Juni 2016

Arti kiasan Warna Golongan Pramuka

Hayoo siapa yang tahu arti kiasan warna golongan pramuka, seperti yang kita ketahui (Siaga=Hijau, Galang=Merah, Tegak=Kuning, Dega=Coklat) ada tau nggak kenapa ... mau tau atau mau tempe :D ..
nah kali ini kak admin akan membantu menjawabnya , dibawah ini admin akan jelaskan arti kiasan warna menurut pramuka dan arti kiasan warna hasil pemikiran imajinasi admin , semoga membantu ..
sebelumnya lihat dulu gambar dibawah ini...
Kelapa muda (Hijau)
ada yang tau ngga itu buah apa ? Kurma Hijau .. ohh bukann .. Apel Malang .. juga bukan .. Kelapa muda ..iyaapp benar sekali :) ,, gambar disamping adalah gambar kelapa muda, warnanya udah pasti tau kan walau gak dikasih tau, kalo gak tau cek dulu kedokter matanya :D , warna hijau adalah dasar warna dari kelapa muda sebelum memasuki masa tua , kaya manusia aja ya, tapi memang betul kok ..kenapa admin memakai buah kelapa untuk meartikan warna kiasan golongan pramuka, itu karena lambang gerakan pramuka adalah TUNAS KELAPA .. kenapa tunas kelapa ? dilain postingan akan admin bahas , kali ini admin membahas tentang arti kiasan warna. 
Dengan melihat gambar dan sedikit penjelasan admin tadi, tentu kalian udah tau kan kenapa siaga berwarna hijau ? Masih gak tau ? Bingung ? Linglung ? "Bila Bingung berlanjut hubungi pembina pramuka terdekat" . Jadi warna hijau adalah warna dasar dari sebuah kelapa, begitu juga halnya dengan anak didik yang berusia 6 - 10 tahun mereka sudah siap dikatakan sebagai kelapa muda :) , jangan kira kelapa muda gak bermanfaat ya, sekarang ini banyak minuman olahan dari kelapa muda bahkan ada nasi yang dimasak dalam kelapa, aneh sih tapi itulah perkembangan zaman, begitu juga dengan anak didik siaga kita mereka juga akan berkembang dan bisa bermanfaat bagi orang lain baik itu teman sebaya atau ibu dan bapak nya melalui pendidikan pramuka. jika ada anak yang masih berusia 1 - 5 tahun maka mereka masih diibaratkan seperti gambar dibawah ini :D ..Barisan bibit-bibit masa depan, yang akan menjadi tunas bangsa.
Bibit Kelapa
Berikutnya admin akan membahas penggalang (Galang) , kok warnanya merah ya ? admin udah cari sana sini kelapa merah tapi gak ketemu-ketemu .. sampai akhirnya admin sadar , kelapa merah itu berasal dari kelapa hijau , begitu juga dengan tingkatan pramuka mereka yang sudah berumur 11-15 tahun akan siap dikatakan sebagai pasukan penggalang, kenapa kelapa muda bisa berubah jadi merah ? karena ditambah sirup :D ,, begitu juga dengan anggota siaga yang sudah ditempa saat masih siaga maka ketika umurnya sudah melewati masa siaga maka dia harus pindah golongan menjadi penggalang, selain itu ternyata warna merah juga merupakan lapisan kedua dari kulit kelapa muda , lihat gambar dibawah ini ..
lapisan kedua kelapa
tuu kan, warna merah kan, sebelumnya masih putih lo, tapi seiring berjalannya waktu dan banyaknya masa yang sudah dihabiskan si kelapa muda akhirnya si merah pun menampakkan diri, wess kaya main petak umpet aja pakai sembunyi-sembunyi segala.. selanjutnya penegak, kok warna kuning ya .. apa dilapisan selanjutnya akan berwarna kuning.. tidak ko, kuning ini yang spesial karena memiliki spesies nya sendiri iya itu kelapa kuning mau lihat langsung aja tengok dibawah ini..
Kelapa Kuning
tuuh kah kuning kan, gak percaya ? takut dibohongin ? datangin aja di desa jorong ada kelapa kuning :) , masih takut juga ? atau gak ada biaya? takut kesasar ? jangan takut karena sudah banyak orang yang tau desa jorong "Malu Bertanya sesat kejorong" haha.. sekarang admin akan membahas warna Pandega kok coklat ? simpel saja karena semua kelapa yang udah tua berwarna coklat, jangan salah, tua-tua juga bermanfaat lho, misalnya kulit luarnya bisa mengusir nyamuk, tempuruk dalam nya bisa jadi kerejinan tangan, isinya bisa dijadikan santan :) , wah kelapa benar-benar hebat ya ..  

Nah itu tadi hasil pemikiran si admin yang kadang ngawur ini , selanjutnya admin akan ngasih tau arti kiasan warna menurut gerakan pramuka , data ini bersumber dari CUNG HAVE dan "www.Pramukanet.org" , langsung aja disimak ..
  • Warna hijau melambangkan kesegaran hidup sesuatu yang sedang tumbuh.  
     
  • Warna merah melambangkan kemeriahan hidup sesuatu yang sedang berkembang.  
     
  • Warna kuning dan kuning emas melambangkan kecerahan hidup yang menuju ke keagungan dan keluhuran budi.  
     
  • Warna coklat melambangkan kematangan jasmani dan rohani, kedewasaan dan keteguhan



Load disqus comments

0 Pemandiran